Sms gratis lewat YM, asyik juga…

Setelah browsing tentang sms-an gratis via internet sebagai alternatif kirim sms disamping untuk menghemat pulsa :), sebenarnya sih banyak situs yang menawarkan jasa sms-an gratis, namun banyak kekurangannya, contohnya pemakaian cuman 10 x saja, setelah itu suruh bayar, memang pertama dikasih gratis ujung-ujungnya bayar. Ada lagi yang sehari dibatasi 5x pemakaian tidak boleh lebih, jadi tidak puas.
Akhirnya secara tidak sengaja saya di sms oleh temen saya, yang sms-nya aneh, tulisannya dapat kiriman lewat yahoo, lalu saya tanya-tanya temen tentang bagaimana cara sms gratis lewat yahoo messenger (YM). Setelah paham penjelasannya, ternyata sangat mudah dan sederhana, soalnya hanya butuh account dari yahoo messenger (YM), yang tentunya semua netter pasti punya account di yahoo. Kalau belum punya ya silahkan daftar dulu di yahoo.com, setelah itu aktifkan di yahoo messengernya terserah versi berapa, bisa versi 6 atau versi 8, atau versi 9, yang semuanya bisa sms gratis. Setelah saya coba kesemua operator yang bisa menerima, Telkomsel, Indosat, XL, dan 3. Untuk yang cdma belum bisa setelah saya coba.

Berikut ini langkah-langkah untuk sms gratis via yahoo messenger:

1. Nyalain YM nya

2. Login

3. Pilih menu “Actions >> Send an SMS Message”, atau cukup teken Ctrl+T

free_sms_yahoo01

4. Pilih contact (kalau nomer handphone nya udah tercatat), jika belum pilih “Other Contact” untuk masukin nomer secara manual.

free_sms_yahoo02

Format nomornya standar nomor handphone, minus angka “0″. Untuk nomor handphone nasional (Indonesia) nggak perlu penambahan “+62″ karena dah otomatis tercantum. Untuk nomer handphone internasional, belum nyoba.

5. Ketik pesan di message window yang muncul.

image3

[Catatan: Jumlah karakter yang bisa dikirim adalah 150 karakter, beda dengan SMS yang rata-rata sampe 300 karakter per-SMS nya.]

Pada tahap ini, pertama-tama YM akan mengirimkan SMS ke nomor penerima, memberitahukan mengenai fasilitas baru ini, dan bahwa penerima bisa mengirim balik pesan ke YM si pengirim via nomer yang tercantum.

[Catatan: Yahoo! menyatakan kalau cellphone si penerima mungkin akan dikenakan biaya oleh handphone service provider nya untuk menerima pesan dari YM ini. Dan untuk reply, kemungkinan si cellphone juga akan kena tarif sedikit lebih mahal dari normal SMS (± Rp. 500) untuk fasilitas ini.]

Selanjutnya, YM akan mengirimkan pesan yang sudah kita ketikkan di message window tadi, dan dalam hitungan detik saja sudah sampai di handphone tujuan.

Yah lumayanlah jika kita ke warnet paling tidak pulsa tidak berkurang jika ada sms masuk, dan langsung bisa di balas lewat ym.

0 komentar: