Apakah blog Anda sepi senyap tanpa pengunjung?

Dibawah ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog Anda, yakni:

1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel. Artikel adalah napas dari sebuah blog. Untuk itu, .tulislah artikel-artikel yang bermanfaat bagi pengunjung blog Anda secara rutin (minimal seminggu dua kali). Buat mereka kecanduan dengan artikel-artikel berkualitas yang Anda buat.

2. Bersikap ramah terhadap pengunjung blog Anda. Pengunjung blog ibarat tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Perlakukan mereka sebaik mungkin. Bila mereka meninggalkan komentar di blog Anda, jangan lupa untuk membalas. Sebisa mungkin sebutkan nama mereka.

3. Sering-seringlah untuk mengunjungi blog lain. Istilah kerennya blogwalking. Karena dengan blogwalking Anda bisa mendapat inspirasi dalam membuat artikel baru. Jangan lupa tinggalkan jejak di blog tersebut dengan komentar yang berkesan dan masukkan pula URL blog Anda di kotak komentar. Bila menurut Anda blog itu bagus, jangan segan-segan untuk memasukkan blog tersebut ke blogroll Anda. Sehingga bila suatu saat pemilik blog yang Anda kunjungi balas mengunjungi blog Anda, ia akan terkesan karena Anda telah memasukkan blognya ke blogroll Anda. Dan kemungkinan besar ia juga akan memasukkan blog Anda ke blogrollnya. Dengan begitu pagerank Anda akan semakin meningkat.

4. Promosikan blog Anda secara offline. Ada banyak cara untuk mempromosikan blog Anda secara offline, yakni:

  • Mempromosikannya dari mulut ke mulut.
  • Mengirimkan himbauan untuk mengunjungi blog Anda melalui SMS.
  • Mencantumkan blog Anda di kartu nama.
  • Memasang stiker blog Anda di kendaraan, pintu rumah dan jendela rumah.
  • Pada saat Anda menulis artikel atau surat pembaca di media cetak, cantumkan juga nama blog Anda.

5. Promosikan blog Anda secara online, caranya:

  • Bertukar link dengan blogger lain.
  • Promosikan blog Anda melalui email
  • Cantumkan blog Anda sebagai signature saat Anda mengirim email
  • Promosikan blog Anda melalui situs jejaring sosial (Friendster, Facebook, dll)
  • Promosikan blog Anda melalui situs social bookmark (Infogue, Lintasberita, dll)
  • Beriklan di situs PPC (Kumpulblogger, adsense, dll)
  • Beriklan dengan membeli link

Dari kedua cara promosi di atas (offline dan online), sebenarnya cara promosi online adalah yang terbaik. Karena pada promosi offline, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mengakses internet. Sehingga itu sama saja dengan buang-buang tenaga.

Dari tujuh cara promosi online di atas, beriklan merupakan cara yang paling efektif dan hemat tenaga. Karena blog Anda akan dipromosikan oleh orang lain. Sehingga Anda tidak perlu buang-buang waktu, tenaga dan biaya hanya untuk berpromosi. Fokuskan perhatian Anda hanya pada menulis artikel-artikel yang membuat pengunjung kecanduan.

Sangat disayangkan bahwa kedua cara beriklan tersebut memiliki kelemahan. Kelemahannya ialah pemasangan link ke blog Anda diberi kuota. Kuota atau batasan untuk PPC adalah hingga sejumlah klik tertentu. Bila kuota kliknya habis, blog Anda tidak akan ditampilkan. Sedangkan batasan untuk membeli link adalah blog Anda hanya akan ditampilkan untuk jangka waktu tertentu, misalnya 1 minggu atau 1 bulan. Sehingga dapat dikatakan bahwa kedua cara beriklan ini sangat mahal.

Sebenarnya inti dari mempopulerkan blog ialah menampilkan blog Anda pada halaman terdepan di mesin pencari. Karena fakta membuktikan bahwa sebagian besar pengunjung blog berasal dari mesin pencari. Dan mesin pencari yang paling sering digunakan oleh pengguna internet adalah Google.com. Buat blog Anda bersahabat dengan Google. Cara bersahabat dengan Google sangat mudah. Milikilah pagerank yang tinggi.

Pagerank adalah teknologi Google dalam memberikan ranking kepada suatu halaman di internet. Semakin tinggi pagerank suatu halaman, semakin diatas posisinya pada mesin pencari Google. Nilai pagerank sebenarnya didasarkan pada banyaknya halaman di internet yang mereferensikan suatu halaman. Semakin banyak halaman yang mereferensikan blog Anda, semakin didepan pula posisi blog Anda di Google.

0 komentar: