Toolbar SEO

seo toolbarUntuk memonetize blog-blog kita, SEO adalah ilmu yang tidak boleh kita kesampingkan. Dari hasil kita mengoptimalkan blog kita dihasil cari search engine ini atau seberapa populerkah blog kita, ada banyak parameter yang harus kita lihat dari indeks artikel kita di Google, Yahoo, dll; ranking Alexa, ranking di Technorati, kerapatan keyword kita, Page Rank dan masih banyak lagi yang harus kita lihat jika kita mau benar-benar menjadi seorang internet marketing yang handal (saya sih belum hehehe). Memang banyak sekali situs internet yang menyediakan alat untuk melihat informasi-informasi itu, tetapi koq saya lebih senang melihatnya melalui sebuah toolbar.

Banyak sekali pilihan toolbar yang bisa kita pilih. Karena saya adalah pengguna setia dari Firefox, maka saya mencari toolbar SEO tersebut untuk Firefox. Setelah mencari-cari, saya menemukan dua toolbar yang ‘pantas’ mendampingi hari-hari saya belajar dan mengamati tentang SEO. Toolbar ini juga berguna untuk melihat parameter-parameter dari sebuah blog/website.

Dua toolbar tersebut adalah:

  1. SEOQuake, toolbar memperlihatkan banyak sekali nilai parameter-parameter dari sebuah blog/website. Untuk instalasi cukup klik tombol Add To Firefox, ada beberapa pertanyaan dalam instalasinya. Di konfirmasi pertama, saya sarankan Seotoolbar supaya SeoQuake tampil sebagi toolbar.
    Pilih SEOtoolbar
    Lalu pilih by request, jadi ketika kita buka suatu blog, SeoQuake tidak langsung meng-query-nya.
    Pilih On request
    Pilih tambahan add-ons untuk parameter yang anda sukai, kalau saya memilih Del.ico.us dan Technorati.
    Pilh tambah ekstensi yang anda sukai
    Setelah restart Firefox, maka akan muncul toolbar baru kaya gambar di bawah ini, untuk melihat parameter suatu blog tinggal klik tanda tanya (yang saya garis bawah merah), contoh di bawah ini parameter dari blog pemula satu ini, di samping kanannya sih ada lagi, cuman gambar ini saya crop agar terlihat yang ada angkanya saja hehehe…
    hasil
  2. SEO Toolbar, toolbar ini juga hampir sama dengan SEOQuake cuman kalau saya perhatikan toolbar ini lebih advance dan lebih kompleks parameter-parameternya. Untuk detail toolbar ini kunjungi link yang tercantum diatas, petunjuknya sangat jelas di blog pembuatnya tersebut. Setelah saya instal, SEO Toolbar mempunyai wujud seperti ini:
    seo toolbar
    Anda juga dapat menampilkan informasi lengkap dari suatu blog.
    infomasi SEO Toolbar

Oya, toolbar SEOQuake juga akan menampilkan parameter dari setiap hasil cari anda di Google ataupun di Yahoo.

di google

Kenapa harus dua toolbar ini saya instal di Firefox saya? Saya ingin membanding kedua hasil toolbar itu dan juga bisa saling melengkapi. Seperti SEO Toolbar bisa buat membandingkan dua blog sekaligus. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article.

I will make sure to bookmark it and come back to read more of your useful information.
Thanks for the post. I will definitely comeback.


Also visit my website - クリスチャンルブタン靴