Memasang Widget Wordpress

Wordpress adalah sebuah Aplikasi Blogging siap pakai yang populer di kalangan para Blogger di seluruh dunia. Bukan hanya penggunaannya yang mudah, banyaknya plugin-plugin bagus yang bisa kita tempel untuk memperindah Blog, juga merupakan salah satu alasan kenapa Wordpress begitu populernya.

Dalam tips dan trik kali ini, mari kita belajar untuk memasang Widget. Salah satu fitur Wordpress yang paling di gemari Blogger dengan tujuan berbagai macam. Pemasangan widgetnya pun tidak terlalu sulit, mengingat Wordpress mampu mengeksekusi widget berupa tag html, text, maupun script.

Bagaimana semua itu bisa dilakukan di Wordpress? Mari kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Seperti biasa, kita kendalikan blog kita di Dashboard blog (sebutan untuk control panel pada Wordpress). Masuk ke halaman Admin dengan menggunakan username dan password yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Pastikan kamu berada di halaman Admin blog kamu sendiri.
  2. Selanjutnya kita menuju ke Presentation -> Widgets (widget ini available jika template yang kita gunakan membolehkan kamu memasang widget, jika tidak maka kamu tidak bisa memasang widget di blog kamu).
  3. Kemudian atur widget dengan cara men-drag (tarik) menggunakan mouse pada widget available yang ada di bawah ke kotak bernama sidebar 1. Jika berhasil maka widget yang tadi kita drag itu akan pindah tempat dari bawah ke kotak bernama sidebar 1. Pilih widget mana saja yang kamu inginkan, kemudian atur posisinya.
  4. Untuk widget berupa tag html (misal kamu ingin memasang widget resminya Speedy Blogging Competition 2008), caranya adalah :
  • Pilih widget dengan nama Text 1. Drag widget tersebut ke kotak dengan nama sidebar 1.
  • Setelah widget Text 1 berpindah ke Sidebar 1. Kamu klik configure, menu tersebut bisa dilihat gambar di bawah ini.
  • Kemudian akan muncul Pop-Up dengan dua kotak kosong. Kotak paling atas adalah untuk judul Widgetnya (misal : Widget Resmi). Kotak kedua adalah untuk memasukan kode html.
  • Setelah selesai memasukkan codenya, klik tombol x pada pop up tersebut. kemudian save changes.
  • Selesai. Periksa kembali blog kamu, apa sudah muncul widget yang kamu pasang tadi.

Selamat Mencoba.

sumber : http://lomba.blog.telkomspeedy.com/

0 komentar: