Cara Download Yang Baik

Untuk urusan download ada berbagai macam cara, antara lain yaitu Bittorent, via IRC dan direct download [DDL]. Berikut ini saya jelaskan satu per satu. Ingat, simak baik-baik, dan silakan tentukan pilihanmu sendiri.

1. Download menggunakan Bittorent membutuhkan 3rd party software seperti μtorrent (Kebetulan saya pakai ini, kecil dan simple), download dengan metode ini seperti layaknya transfer data PC to PC tetapi disini dalam skala global atau internet, sehingga tergantung besarnya bandwidth, misal saya di Wonogiri pakai koneksi Speedy, dengan kecepatan download 384 kb dan upload 64 kb teman saya di Surabaya menggunakan koneksi IndosatM2 dengan kecepatan download 512 kbps dan upload 512 kbps. Kemudian kita mau berbagi data besarnya 40 MB, tidak mungkin lewat E-mail bisa ga sampai walupun di tunggu 1 tahun sekalipun :-) , akhirnya kita menggunakan bittorent, nah karena Upload saya lambat hanya 64 kbps maka teman saya yang di Surabaya nunggu file cukup lama dan ga kelar-kelar.. namun saat giliran saya download dari teman saya maka saya bisa dapat full 384 kbps dari 512 kbps karena Upload teman saya 512 kbps tetapi batas max punya saya 384 kbps.

2. Download via IRC, download via IRC ga kalah tenarnya dengan download via torrent, download dengan IRC biasanya masuk melalui channel tertentu dan ketikan nama file/data yang mau didownload nanti anda akan melihat anda akan masuk dalam slot keberapa untuk dapat proses download, via IRC ini bisa menjadi alternatif jika anda senang chat dan download jadi satu.

3. Terakhir download via DDL atau Direct Download. Direct Download adalah metode paling baik menurut saya, karena saya memiliki beberapa akun premium untuk beberapa situs yang membutuhkan akun, seperti RapidShare, MegaUpload dan EasyShare sehingga tidak perlu menunggu “time count down”, tinggal sedot aja. Situs yang menyediakan Direct Download ada banyak sekali bahkan tak terhitung, ada yang via IIX dan ada yang via Internasional.

Via IIX sangat cocok sekali jika anda merasa dan tinggal di Indonesia dan ISP anda memberi bandwith lebih besar ketimbang internasional, pastinya akan lebih lari jika dibanding internasional. Saya pun cocok sekali dengan via IIX ini, file sharing direct download IIX ada banyak antara lain IndoUpload (is dead), GudangUpload, GilaUpload dan ShareKingdom (menurut saya bagus kualitas transfer datanya serta tidak perlu menunggu). Namun sayang, belum terlalu banyak yang Upload di situs IIX tersebut, karena masih banyak ter-konsentrasi pada file sharing layanan internasional yang lebih bebas daripada file sharing IIX. Via Internasional, juga ada banyak, malah banyaknya minta ampun sampai-sampai bisa nemu disana dan disini, rapidshare salah satu yang paling TOP dan besar dalam urusan Direct Download.

Direct download juga tidak hanya stand-alone, banyak yang memberikan solusi 3rd parties untuk menggenjot performa bandwidth anda dari yang Freeware, shareware dan lisence. Flashget salah satu yang Freeware dan ini software yang di gunakan di [Ei-Ji].NET karena mampu ber-integrasi dengan Opera dan Moziila Firefox, untuk yang Lisence bisa menggunakan IDM yang paling terkenal karena kemampuan sedot Bandwidth yang luar biasa. Namun jangan sampai tertinggal Plug-in yang penting untuk Firefox yaitu FlashGot, plugin ini mampu integrasi mulus dengan berbagai macam software download manager.

Nah… setelah komplit alat tempurnya, segara huting ke beberapa situs menggunakan Google untuk mencari file-nya atau jika sudah punya situsnya dan jika itu DDL, cukup di klik aja linknya dengan FireFox maka Download Manager akan segera bekerja namun patut menjadi waspada juga, bahwa tidak semua situs bisa diajak lari kencang untuk di download. Semisal situs-situs premium yang membutuhkan akun untuk bisa download kencang serta waspada pula terhadap situs yang tidak memperbolehkan menggunakan download manager karena bisa-bisa IP warnet ataupun IP koneksi internet yang anda gunakan akan diblokir dan anda tidak akan bisa mengakses kembali situs tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Dengan beberapa info diatas tentunya anda bisa memilih sendiri jalur yang pas untuk mencari data dengan internet.

Diambil dari berbagai sumber dengan banyak perubahan.

0 komentar: